Beranda > Kesehatan > Dinkes Lutim dan Inco Gelar Sosialisasi Pencegahan TBC

Dinkes Lutim dan Inco Gelar Sosialisasi Pencegahan TBC

Staf Dinkes Lutim tengah membawakan materi tentang pencegahan TBC

(Malili, 21/4/20011). Puluhan kader posyandu  di Kecamatan Malili tampak antusias mengikuti  Sosialisasi Penggulangan dan Penanganan Penyakit  TBC (Tuberculosis), Rabu 21 April Lalu. Kegiatan yang di pusatkan di Aula Danau Matano Pemkab Lutim tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur, dr. Mahfuddin, Mkes.

Dalam sambutannya  Kepala Dinkes Lutim yang kerap disapa ayah ini menuturkan,  kegiatan ini cukup penting agar semakin banyak orang yang paham tentang  cara mencegah dan memberantas penyakit TBC. “TBC disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Penderita yang  tidak ditangani secara serius, selain susah sembuhnya dapat pula menularkan penyakit ini ke orang yang sehat,” ujarnya

Kegiatan ini sendiri difasilitasi oleh Lembaga Colli Lolo Malili, salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat  (LSM) di Kecamatan  Malili, adapun pendanaannya   bersumber sepenuhnya dari Dana Community Develoment PT. Inco.  Staf Community Relations Officer PT. Inco area Malili yang turut hadir dalam acara  mengatakan, sosialisasi tersebut  merupakan bagian dari Program Millenium Development Goals (MDGs) Pesisir Community Development PT. Inco untuk mengurangi dan mencegah berkembangnya penyakit-penyakit menular, khususnya di kawasan pesisir Malili.

Baliho berisi Informasi Pencegahan Penyakit TBC di depan Puskesmas Malili.

Selain kader posyandu,  sosialisasi juga dikuti oleh kepala-kepala desa di wilayah pemberdayaan PT. Inco kecamatan Malili serta keluarga penderita TBC yang selama ini mendampingi dan mengawasi penderita  TBC meminum obat. Berbagai materi  seperti gambaran  tentang penyakit TBC, penyebab dan cara mencegahnya,  hal-hal yang perlu di lakukan oleh Pendamping Minum Obat (PMO) TBC diberikan kepada peserta. Materi-materi  tersebut dibawakan oleh para dokter dan staf dari Dinas Kesehatan Luwu Timur.

Setelah  pemberian materi ruangan, sosilisasi  dilanjutkan dengan penyebaran pamplet  dan pemasangan baliho pencegahan TBC di tempat umum.  “Kita berharap dengan kegiatan ini,  informasi tentang penyakit TBC semakin tersebar luas sehingga kita semakin mampu mencegah dan memberantasnya,”ujar, Rival Alwi, koordinator program.  (Wan)

Kategori:Kesehatan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: